Iklan Kontroversial – Funeral by MCYS Singapore

Video di atas adalah iklan kampanye yang diupayakan Ministry of Community, Youth and Sports Singapore dengan tujuan agar semakin banyak orang Singapura menikah. Tema dari iklan ini memang berbeda karena mengambil latar tentang pemakaman yang dianggap tabu oleh sebagian kalangan masyarakat.

Mengapa saya mengangkat isu ini?

Iklan ini mendapat samutan yang berbeda dari rakyat Singapura. Ada yang mengatakan iklan ini bagus namun ada juga beberapa orang yang mengatakan bahwa iklan ini hanyalah hasil plagiat dari sebuah film berjudul “Good Will Hunting”.

Iklan ini dihasilkan oleh seorang warga negara Malaysia, Yasmin Ahmad. Beliau berkata bahwa iklan ini terinspirasi dari keadaan keluarganya saat suaminya meninggal dunia.

Berikut pernyataan Yasmin Ahmad mengenai hasil karyanya tersebut.

Tentu saja, jika dibandingkan dengan Indonesia yang notabene punya banyak iklan tidak jelas, iklan gurem, ini adalah sebuah pelajaran. Bahwa iklan yang memiliki ide yang orisinil, yang mampu menawan hati pemirsanya adalah iklan yang baik. Toh tidak ada salahnya melakukan plagiarisme asalkan hal tersebut sudah dikonsultasikan kepada pemilik hak cipta yang sesungguhnya (dalam masalah ini, sutradara film “Good Will Hunting”).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s