Teleteks Akan Menjadi Kenangan?

Saya sendiri kurang mengerti konsep dari televisi teks atau teleteks. Terakhir kali hanya TVRI yang masih memiliki sistem ini sebelum akhirnya dihentikan. Mungkin tidak banyak orang Indonesia yang mengerti apa teleteks itu. Namun saya cukup terkejut pada saat saya berhasil menemukan beragam informasi yang didapat dari TVRI Teks.

Kejadian itu terjadi pada tahun 2002 kalau tidak salah. Saya heran, mengapa bisa ada banyak berita, sajian bacaan media cetak, dan beragam informasi aktual lainnya di televisi pada saat layar kacanya hitam dengan huruf dan angka berbagai warna.

Setelah hari itu, saya sering kali mencoba untuk mengulang kenangan teleteks masa lalu tapi sia-sia saja. Semua stasiun televisi nasional dan lokal tidak menggunakan sistem itu lagi. Mungkin karena sedikit yang menggunakannya atau karena dianggap sudah ketinggalan zaman.

Lain halnya dengan stasiun televisi luar negeri. Karena rumah saya menggunakan parabola, bukan televisi berbayar, alhasil ada beberapa kanal televisi asing yang masih menggunakan teleteks yakni DW-TV (Jerman) dan TVE (Spanyol).

Photograph1756
Kanal DW-TV gencar melakukan promosi tentang Jerman, sekilas tidak ada yang beda dengan kanal televisi lainnya.

Photograph1753
Tekan tombol ‘TV Text’ di ‘remote control’ maka inilah yang didapat. Jadwal acara dan sari berita dalam Bahasa Jerman tersedia di teleteks DW-TV.

Photograph1754
Namun jika anda tidak ingin melihat teleteks total, anda bisa memperkecil ukuran teleteksnya dan anda tetap akan dapat melihat siaran di kanal DW-TV ini. ‘Regierungsumbildung in Frankreich’ atau ‘Pemerintah di Prancis’ menjadi salah satu topik newsticker teleteks DW-TV.

Di Singapura, ada tiga kanal televisi yang masih memiliki layanan teleteks yakni Channel 5, Channel 8, dan Channel NewsAsia. Saya tidak berharap banyak terhadap stasiun televisi di Indonesia karena paling-paling hanya TVRI yang selalu dibebankan sebagai penyelamat dunia pertelevisian ataukah di daerah saya sudah tidak terjangkau layanan teleteks lagi?

Leave a Reply

