Bone di Sulawesi Tenggara?

Nampaknya siaran berita televisi komersial tertua di Indonesia gagal peta buta. Dalam sebuah laporan Seputar Indonesia mengenai ledakan yang menggetarkan beberapa rumah di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Seputar Indonesia belum mendapatkan apa yang saya sebut sebagai first-hand footage. Alhasil, mereka memberikan peta lokasi keberadaan Bone.

Lalu saya merasa ada kejanggalan pada peta yang diberikan oleh Seputar Indonesia itu. Saya mencoba mengecek apakah betul lokasi Bone berada di tempat yang Seputar Indonesia tandai. Saya lakukan kunjungan ke situs web Pemkab Bone yang mana menaruh Google Maps di sana. Hasilnya berikut ini:

Fullscreen capture 11122009 84644 AM.bmp
Klik pada gambar untuk memperbesar
Lokasi Bone pada peta diberi tanda salib putih

Voila! Ada dua lokasi berbeda untuk Bone. Satu di Sulawesi Selatan (berdasarkan Google Maps) dan satu di Sulawesi Tenggara (berdasarkan Seputar Indonesia).

Kesimpulan akhir saya, Seputar Indonesia gagal pelajaran peta buta. Semoga saja permohonan maaf atas kesalahan lokasi yang dilakukan oleh kru pemberitaan atau tim pembuat grafik Seputar Indonesia.

N.B.: Maaf, saya kurang paham kalau membuat grafik menggunakan Photoshop atau GIMP jadi saya pakai PowerPoint dengan presentasi ala SkyNews saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s