Beberapa Pelajaran dari Workshop Komik

Pada tanggal 12 Desember 2009, Kompas Muda mengadakan serangkaian acara menyambut ulang tahun ketiganya di pulau dewata. Tim dari Kompas Muda menggelar workshop fotografi dan komik pada hari yang bersamaan bertempat di Fakultas Kesehatan Universitas Udayana. Biaya pendaftaran satu workshop senilai Rp 20.000, maka jika mendaftar dua workshop (fotografi dan komik) anda harus membayar Rp 40.000 (tidak ada diskon diberikan).

Narasumber yang hadir tentunya adalah kartunis-kartunis Kompas yakni Benny Rachmadi, Muhammad Misrad, dan Thomdean. Sayangnya, Thomdean berhalangan hadir pada hari itu.

Workshop komik digelar dari pukul 16.30-19.00 WITA namun mengalami penundaan selama satu jam karena workshop fotografi (yang menggunakan aula yang sama) belum selesai dan banyaknya peserta workshop yang mendaftar di tempat. Hal ini tentunya akan menyibukkan tidak hanya panitia pendaftaran tetapi juga sponsor (salah satunya KFC yang harus menambah jumlah kotak makanan untuk dibagikan kepada peserta).

Berikut adalah beberapa hal yang saya pelajari selama workshop tersebut berjalan:

Fullscreen capture 362010 120456 PM.bmp

Fullscreen capture 362010 120507 PM.bmp

Fullscreen capture 362010 120517 PM.bmp

Fullscreen capture 362010 120523 PM.bmp
Jika anda tidak paham maksud dari dua kartun di atas,
Kartun di kiri menggambarkan dua orang (dua huruf ‘i’) sedang bergosip tentang seorang wanita (huruf ‘b’) yang dikabarkan hamil di luar nikah.

Sementara di kartun sebelah kanan menceritakan seorang wanita (huruf ‘P’) memiliki payudara yang besar lantas membuat seorang pria (huruf ‘i’) terkagum-kagum (tidak ada niat seksisme yang coba saya kembangkan di sini).

Fullscreen capture 362010 120530 PM.bmp
Kartun editorial di atas merupakan hasil karya G.M. Sidharta (Oom Pasikom) untuk harian Kompas.

Fullscreen capture 362010 120537 PM.bmp
Hasil karikatur Julia Roberts di atas merupakan salah satu bagian dari kartun hasil karya Benny Rachmadi untuk surat kabar Kontan.

Fullscreen capture 362010 120547 PM.bmp

Fullscreen capture 362010 120554 PM.bmp

Saya harap informasi ini berguna untuk anda yang masih awam terhadap bidang ini.

Karena gaya presentasi ‘Benny & Mice’ seperti dosen, alhasil apa yang saya tulis di atas tidak sekomplit apa yang ditulis oleh ‘Benny & Mice’ secara komplit pada hari itu (rotasi dari slide ke slide sangat cepat). Semua tulisan di atas adalah hasil kutipan dari slide PowerPoint Benny Rachmadi dan Muhammad Misrad pada hari itu.

Advertisements

2 thoughts on “Beberapa Pelajaran dari Workshop Komik

  1. Awalnya saya nggak ngerti, terus makin lama makin banyak peserta workshop yang ketawa. Akhirnya saya mulai nangkep maksud ceritanya. Makasih paman sudah berkunjung ke blog hamba yang apa adanya ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s