Koran Daerah

Seperti Indonesia, hampir setiap kota di Australia memiliki koran lokal masing-masing. Berikut ini adalah beberapa koran dari empat ibu kota negara bagian di Australia.

P4070672

Sydney Morning Herald (SMH) adalah salah satu koran daerah di ibu kota negara bagian New South Wales, Sydney (salah satu yang lain adalah The Daily Telegraph, tidak dimuat di tulisan ini). Koran ini dimiliki oleh Fairfax, mantan pemilik Channel 7 di Australia. SMH tampil dalam format broadsheet. SMH pertama kali dicetak pada tahun 1831 dan merupakan koran tertua di Australia yang masih terbit hingga hari ini. Koran ini hadir enam kali dalam seminggu.

P4070673

The Age adalah salah satu koran daerah di ibu kota negara bagian Victoria, Melbourne. Sama seperti SMH, pemilik The Age adalah Fairfax dan tampil dalam format broadsheet. The Age terbit dari hari Senin hingga Sabtu dan The Sunday Age terbit pada hari Minggu.

P4070674

The West Australian adalah satu-satunya koran lokal dan paling dominan di ibu kota negara bagian Western Australia, Perth. Koran ini dimiliki oleh WAN Holdings. The West, panggilan untuk koran ini, adalah koran tertua kedua di Australia yang masih dicetak hingga hari ini, pertama kali dicetak pada tahun 1833. Koran ini terbit enam kali seminggu dan tampil dalam format tabloid.

P4070675

The Advertiser adalah koran daerah di Adelaide, ibu kota negara bagian South Australia. Pemilik The Advertiser, The Courier-Mail (Brisbane), The Australian (nasional) sama yakni News Limited. Koran ini terbit dari hari Senin hingga Sabtu dan pada hari Minggu giliran Sunday Mail edisi South Australia yang terbit (Sunday Mail juga terbit di Queensland pada hari Minggu dengan konten yang berbeda). Koran ini pertama kali dicetak pada tahun 1858. Sama seperti The Courier-Mail, koran ini dahulunya dicetak dalam format broadsheet sebelum berubah menjadi format tabloid.

Beberapa koran ibu kota negara bagian dan teritorial lainnya yang tidak dimuat di tulisan ini adalah The Mercury (Hobart), The Canberra Times (Canberra), dan NT News (Darwin).

Sementara koran paling dominan di Brisbane, The Courier-Mail, tidak dimuat di tulisan ini karena tulisan ini terfokus pada koran-koran interstate (antar negara bagian). The Courier-Mail sendiri adalah koran dengan eksemplar terbesar keempat di Australia (setelah The Australian, SMH, dan The Age).

Semua koran yang tampil di tulisan ini adalah milik Brisbane City Council Library.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s