Apa itu ‘Asworie diosme’?

Picture1

Komik Phantom. Bagi kebanyakan dari kita di Indonesia mungkin tidak begitu kenal atau bahkan tidak pernah mendengar komik ini. Saya yakin anda bisa cari tahu sendiri apa alur cerita dari komik ini dan apa yang membuatnya spesial daripada komik lain.

Pada edisi komik Phantom beberapa waktu lalu, komik ini mengambil kompilasi cerita dari komik strip Phantom yang pada akhirnya dibukukan. Kompilasi ini sungguh spesial karena komik strip ini memiliki alur cerita sepanjang 20 minggu (kalikan 6 karena komik strip dicetak hari Senin-Sabtu saja). Spesial karena alur ceritanya yang serius/drama, tidak seperti kebanyakan komik strip lain di koran yang kemungkinan lebih berunsur sindiran dan komedi.

Di foto di atas, ceritanya istri Phantom (Kit Walker), Diana, dikabarkan tewas dalam pemboman gedung PBB di Morristown. Ternyata ada yang mengincar Diana dan di tengah kebingungan, dua orang menculik Diana. Diana pun dijadikan tawanan ilegal di Rhodia – ilegal karena namanya diubah menjadi Adele Cole, terdakwa pembunuhan yang tidak pernah terjadi.

Lalu Kit mendapat kabar bahwa kematian Diana dipalsukan dan istrinya dijadikan tawanan di Rhodia. Kit dan pelaut bernama Savarna memulai perjalanan untuk membebaskan Diana dari Gravelines Prison, Rhodia.

Saya rasa sudah cukup ceritanya. Lebih lanjut baca sendiri. 😀

Tapi saya tidak berniat untuk membahas alur cerita tersebut.

Picture2

Kalau diperhatikan baik-baik koran yang ditunjukkan Kit pada Savarna (yang diam-diam mencintai Kit) ada yang janggal. Voice of Rhodia memiliki tajuk dalam Bahasa Inggris ‘Local man is hero…’.

Tiba-tiba T.DePaul mengawali artikelnya dengan ‘Asworie diosme…’. Berhubung Rhodia hanyalah fiktif, apakah ini Bahasa Rhodia?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s